Cintai ilmu dengan menyebarkannya

"Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya."
(HR. Thabrani dan Daruquthni)
Hosting Unlimited Indonesia

Pengertian Website dan Jenis-jenis Website

Kita semua pasti sudah sangat familiar dengan istilah "website" atau "situs". Tapi, mungkin ada juga yang belum tahu apa sih pengertian dari website itu sebenarnya? Nah, dalam postingan artikel internet kali ini bunga perdu akan membagikan sedikit tentang pengertian website dan jenis-jenis website itu apa saja.
Website atau situs adalah sejumlah halaman web yang saling terkait yang diakses melalui jaringan internet melalui domain/alamat dikenali sebagai URL. Pada umumnya pada server web dilengkapi dengan mesin penerjemah script (PHP, ASP, Javascript, dan lain-lain), serta perangkat lunak sistem manajemen basis data /database relasional seperti MySQL.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, PHP, CSS, atau lainnya. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan layaknya sebuah halaman pada monitor komputer. Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP. Website/situs diakses oleh publik dengan mengetik WWW (World Wide Web) di URL.
Meskipun halaman beranda situs internet secara umum dapat diakses bebas oleh publik, namun ada beberapa situs yang mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran/registrasi terlebih dahulu sebagai anggota, misalnya situs jejaring sosial, situs layanan surat elektronik (e-mail). Pembatasan-pembatasan ini umumnya dikarenakan alasan keamanan, privasi, atau karena tujuan komersil.

JENIS-JENIS WEBSITE
Website dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu website statis dan website dinamis
1. Website Statis adalah situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala, sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Di era sekarang ini nyaris sudah tidak ada lagi website yang dibuat dengan jenis web statis ini.
2. Website dinamis adalah situs web yang secara spesifik didesain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Saat ini hampir semua website di dunia ini adalah termasuk dalam jenis website dinamis. Biasanya website yang sering di-hack adalah jenis website dinamis ini.

Demikian pengertian tentang website dan jenis-jenis website. Jika ada kritik saran silakan tinggalkan komentar di bawah. Jika ingin meng-copy sebagian atau keseluruhan artikel ini, tolong disertakan link sumbernya.
Labels: Internet

Thanks for reading Pengertian Website dan Jenis-jenis Website. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Website dan Jenis-jenis Website"

Back To Top