Cintai ilmu dengan menyebarkannya

"Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya."
(HR. Thabrani dan Daruquthni)
Hosting Unlimited Indonesia

Pangeran Kecil Karya Antoint De Saint-Exupery, Novel Pertama yang Kubaca Ketika Aku Bisa Membaca


Dari kecil aku suka banget baca, kebetulan di rumah ada banyak banget buku-buku milik kakak-kakakku. Pertama kali aku bisa membaca, aku suka membaca tulisan apa aja yang kutemui. Tulisan-tulisan yang ada di bungkus permen/snack yang kubeli di warung, tulisan di pinggir-pinggir jalan, di dinding-dinding sekolah, sampe tulisan yang ada di cuilan koran bekas bungkus bawang atau cabe yang di beli ibuku dapi pasarpun aku ejain. Maklumlah, baru aja bisa baca..
So, maruk dech.......!Tanpa kecuali buku-buku yang ada di lemari milik kakakku. Kendati kadang aku suka dimarahi kalo kebetulan gak sengaja baca bukunya orang dewasa (ehm…), tapi jangan ngeres dulu yach…dirumahku anti banget nyimpen buku-buku yang porno or vulgar!

Sampe suatu hari aku tertarik ngeliat sampul sebuah buku yang ada di atas meja kakakku, gambarnya lucu: seorang lelaki kecil berdasi kupu-kupu yang keduatangannya dimasukkan ke saku celananya,rambutnya keriting berwarna kuning, dengan background bintang-bintang kecil. Gambarnya natural banget karena digambar pake pensil ama pengarangnya langsung. Judulnya PANGERAN KECIL, nama pengarangnya Antoint de Saint-Exupery. Ternyata itu adalah sebuah novel yang ditulis oleh seorang penulis Perancis yang sekaligus juga seorang pilot pesawat tempur di era PD II. Judul aslinya Le Petit Prince. 

Novel itu menceritakan tentang perjalanan sang Pangeran kecil yang tinggal di sebuah planet kecil bernama Asteroid B-612, dia tinggal bersama sekuntum bunga mawar sederhana yang hanya memiliki 4 kelopak. Dia sangat kesepian hingga suatu hari dia memutuskan untuk pergi mengembara meninggalkan mawarnya sendirian. Dia mengembara dari satu planet ke planet lain dan sampailah ia di bumi yang penuh dengan kesibukan dan kesombongan dan bertemu dengan seorang pilot muda (yang di waktu kecilnya sangat ingin jadi pelukis) yang pesawatnya mogok di sebuah gurun pasir,dan terjadilah pertemanan diantara mereka. Setelah setahun di bumi ternyata Pangeran kecil tetap merasa kesepian dan ia baru sadar betapa istimewanya mawarnya di hatinya, ternyata ia sangat mencintai mawarnya dan ia ingin sekali pulang ke planetnya.

Selain membaca buku-buku cerita anak lainnya aku juga selalu membaca ulang novel Pangeran Kecil itu. Entah kenapa aku suka banget ama itu novel,nyampe sekarang kalo di itung-itung mungkin aku udah ratusan kali ngebaca ulang novel itu. Padahal waktu kecil teman-temanku banyak yang bilang kalo novel itu sama sekali gak bagus (ya wajarlah novel itu terlalu berat untuk anak seumuranku waktu itu). Sejak itu aku menyimpan jauh di lubuk hatiku impian untuk menjadi seorang penulis. Walaupun cita-citaku banyak dan berubah-ubah, dari cita-citaku waktu SD pengen jadi guru, terus waktu SMP pengen jadi ilmuwan, jadi teknokrat, pengen keliling dunia, waktu SMEA pengen jadi wiraswasta yang sukses, nyampe pengen jadi jurnalis, pas udah kerja n kuliah pengen jadi ahli IT, dosen IT, sampe pengen jadi psikolog, tapi tetap aja impian untuk jadi penulis itu tetap tersimpan dihatiku meskipun aku gak pernah ungkapin ke orang. Dan jeleknya aku cuma mimpi doang, gak juga mulai-mulai nulis. Pernah sih pas SMEA ngirim dongeng ke majalah Sahabat Pena, tapi gak ada kabar.

Waktu aku lulus SMEA aku hampir saja melupakan impianku itu, karena aku mulai disibukkan dengan kerjaku dan sejak tahun 2007 lalu aku juga disibukkan dengan kuliahku. Tapi pas tahun 2007 kemarin tiba-tiba keinginanku untuk jadi penulis itu muncul lagi,tapi belum juga mulai nulis (ye…kapan jadi penulisnya kalo gak mulai nulis-nulis). Baru di tahun 2008 kemarin aku mulai mencoba menulis. Walaupun belum ada satupun tulisanku yang dipublikasikan,tapi aku bertekad untuk terus menulis dan menulis, berapapun, apapun jadinya….:o
Labels: Catatan

Thanks for reading Pangeran Kecil Karya Antoint De Saint-Exupery, Novel Pertama yang Kubaca Ketika Aku Bisa Membaca. Please share...!

2 Comment for "Pangeran Kecil Karya Antoint De Saint-Exupery, Novel Pertama yang Kubaca Ketika Aku Bisa Membaca"

iya bener banget... mengharukan dan menyedihkan. klo kita menghayati dengan sungguh2 ceritanya, terasa banget klo tokoh utamanya (pangeran kecil) hidupnya sangat kesepian

Back To Top